Pages

Kamis, 14 Maret 2013

Sistem Informasi Dalam Dunia Bisnis

       Pada pertemuan pertama mata kuliah Sistemm Informasi, kami diperkenalkan dengan apa itu Sistem dan Teknologi Informasi dan apa saja perbedaan khusus dari kedua bidang tersebut.


Mengapa mempelajari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi ?

 SI & TI telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi
TI termasuk SI berbasis Internet yang dapat membantu segala jenis bisnis meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah TI & SI berbasis internet digunakan mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, atau dalam aktifitas bisnis lainnya.

Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi ?

n  Rangkaian orang, prosedur, dan sumber daya yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi
n  Sebuah sistem yang menerima sumber daya data sebagai input dan memprosesnya ke dalam produk informasi sebagai outputnya

Teknologi Informasi
n  Terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi, manajemen database, dan teknologi pengolahan informasi lainnya yang dipergunakan dalam suatu sistem informasi yang berbasiskan komputer

Interaksi yang dinamis dari sistem informasi berbasis komputer dengan telekomunikasi sebagai tulang punggungnya.


Teknologi Informasi :

n  Teknologi Hardware komputer, termasuk mikrokomputer, server berukuran menengah, dan sistem mainframe besar, serta alat-alat input, output dan media penyimpanan yang mendukung
n  Teknologi Software komputer, termasuk software sistem operasi, pencari Web, alat pembuat software, dan software aplikasi untuk bisnis seperti untuk manajemen hubungan pelanggan dan manajemen rantai pasokan
n  Teknologi jaringan komunikasi, termasuk media telekomunikasi, prosesor, dan software yang dibutuhkan untuk menyediakan akses kabel dan nirkabel, serta dukungan untuk jaringan internet dan jaringan pribadi berbasis Internet, seperti Intranet dan ekstranet


Teknologi Manajemen Sumber Daya, termasuk software sistem manajemen database untuk mengembangkan, mengakses dan memelihara database organisasi

Kerangka Kerja Sistem Informasi bagi para Profesional Bisnis

Peran utama SI
n  Mendukung Operasi Bisnis . Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistim informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi  penting, maka kemampuan Sistim Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan


informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting .
n  Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Sistim informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
n  Mendukung Keunggulan Strategis. Sistim informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran   strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan bersaing  di pasar

Sejarah Peranan SI



n  Pengolahan Data: 1950s- 1960’s:
¨  Sistem Pengolahan data secara elektronik. memproses Transaksi, Pencatatan, dan aplikasi akuntansi tradisional
n  Pelaporan Manajemen : 1960s- 1970’s:
¨  Sistem Informasi Manajemen. Menyampaikan kepada Manajemen informasi dalam bentuk atau format  tertentu, untuk mendukung pengambilan keputusan oleh manajer.
n  Dukungan Keputusan: 1970s- 1980s:
¨  Sistem Pendukung Keputusan. Dukungan secara interaktip dalam proses pengambilan keputusan managerial.
n  Dukungan Strategis danPemakai : 1980s- 1990’s:
¨  Sistem “Hitungan” bagi Pemakai. Memberi dukungan kegiatan hitung-menghitung untuk mening-katkan produktivitas pemakai dan kerja sama/kolaborasi atar kelompok kerja.
¨  Sistem Informasi Eksekutif. Menyajikan Informasi yang kritis bagi Manajemen Puncak
¨  Sistem Pakar: Menyediakan Informasi atau nasihat/advice bagi pemakai dari Sistem yang berbasiskan Knowledge/pengetahuan dari para pakar,.
¨  Sistim Informasi Strategis. Produk dan jasa yang strategis untuk keunggulan bersaing
n  Perdagangan Dan Bisnis Elektronik: 1990’s- 2000’s:
¨  Sistem Jaringan e-business dan e-commerce. Jaringan perusahaan e-business dan e-commerce yang beroperasi secara global/mendunia dengan menggunakan  Internet, intranets, extranets, dan sistem  jaringan lainnya.

Kategori lainnya Sistem Informasi
n  Sistem Pakar: Sistem berbasis pengetahuan (Knowledge-based) yang menyediakan nasihat atau advice dari para ahli dibidang tertentu dan bertindak sebagai konsultan ahli kepada para pemakai. Contoh: Penasehat Permintaan kredit, memonitor proses, dan sistem diagnostik pemeliharaan.
n  Sistem Manajemen Pengetahuan: adalah sistim informasi berbasiskan pengetahuan (knowledge-based) yang mendukung penciptaan , organisasi, dan pendistribusian pengetahuan bisnis kepada para karyawan dan para manajer keseluruh perusahaan. Contoh: Intranet mengakses praktek bisnis terbaik, strategi proposal penjualan, dan sistem penyelesaian/pemecahan  masalah pelanggan.
n  Sistem Bisnis Fungsional: Mendukung berbagai aplikasi  managerial dan operasional dalam mendukung fungsi bisnis dasar  suatu perusahaan. Contoh: Sistim informasi yang mendukung aplikasi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia.
n  Sistim Informasi Strategis: adalah Sistim Informasi yang mendukung kegiatan operasi atau Proses Manajemen yang melengkapi perusahaan dengan produk dan jasa strategis, serta kemampuan untuk menciptakan keunggulan dalam bersaing. Contoh: perdagangan bursa/saham secara online , mengikuti/menelusuri pengiriman barang, dan Sistem perdagangan secara elekronik dengan memakai Web.. 
n  Sistim Informasi lintas Fungsi : adalah Sistim Informasi yang terintegrasi yang mengkombinasikan seluruh sistim informasi bisnis diperusahaan, dengan begitu setiap unit kerja menggunakan  sumber daya informasi secara bersama.

Proses Pengembangan Sistem Informasi
n  Siklus Pengembangan Sistim informasi secara tradisional adalah berdasarkan langkah-langkah pendekatan sistem(sistem approach) untuk memecahkan suatu masalah:
n  Penyelidikan Sistem. Langkah ini dimulai dengan proses Perencanaan Sistim Informasi yang formal, untuk membantu menyeleksi berbagai pilihan peluang yang ada.  Secara khusus hal ini berhubungan dengan biaya untuk pengembangan suatu Sistim Informasi, langkah ini meliputi suatu Analisa Cost/Benefit sebagai bagian dari suatu studi kelayakan.
n  Analisa Sistem. Langkah ini meliputi suatu rangkaian kegiatan analisa kebutuhan informasi bagi pemakai (akhir), lingkungan organisasi, dan sistem yang sekarang digunakan untuk menentukan kebutuhan  fungsional pada sistem yang baru (akan dirancang).


Konsep Dasar :
Komponen Sistem Informasi

n  Sistem Informasi adalah suatu kombinasi terorganisir orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunkasi dan sumber daya data yang dikumpulkan, diubah bentuknya (transform) dan mendistribusikan informasi dalam suatu organisasi.

0 komentar:

Poskan Komentar